Langsung ke konten utama

Plat Cor Bondek Harga Dan Cara Pemasangan

plat bondek

Bondek (bondeck) adalah nama/ merk plat lantai dak atau struktur Plat Lantai (Structural Floor Decking), yang merupakan bahan bangunan yang berfungsi sebagai penahan lantai cor.  Terbuat dari bahan sejenis plat baja ringan bergelombang berlapis galvanis.

Plat bondek berfungsi sebagai alternatif pengganti sistem konvensional yang selama ini menggunakan bahan triplex untuk bekisting cor plat lantainya. Namun selain berfungsi sebagai bekisting, plat bondek memiliki kelebihan yaitu sebagai bekisting tetap dan berfungsi sebagai tulangan positf pada struktur plat lantai.

Dengan menggunakan plat bondek sebagai bekisting, waktu pengerjaan menjadi lebih cepat, hasil lebih rapi, lebih hemat tulangan besi plat lantai menjadikanya lebih efisien sehingga biaya secara keseluruhan relatif lebih murah.
plat cor bondek

Harga Plat Bondek

Harga plat bondek diberbagai kota besar di Jawa seperti di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung maupun Semarang, berbeda-beda walaupun sebenarnya selisihnya tidak terlalu jauh, tergantung toko/ agen penjualnya dan jumlah pembelian. Harga pembelian untuk kebutuhan proyek bisa selisih cukup jauh dengan kebutuhan rumah pribadi karena diskon yang diberikan bisa cukup besar. Terkadang ketika sedang melakukan promosi ada juga toko yang jual bondek dengan harga murah.
Sa’at ini harga bondek di toko besi Mega Baja menjadi acuan banyak orang, Karena jaringan toko Mega Baja  grup yang merupakan distributor tetap bagi pabrik-pabrik baja besar ini mempunyai banyak cabang diberbagai kota di Jawa dan Sumatera. Seperti misalnya diwilayah Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya, ada toko Mega Baja di cikarang, ciganjur, pulogebang, condet  dll.

Website resmi Mega Baja memang tidak menampilkan Daftar Harga Plat Bondek terbaru tahun ini. Hal ini wajar karena seperti halnya harga baja, harga plat bondek fluktuatif terutama ditingkat distributor. Namun kita bisa mendapatkan informasi harga dengan mengunjungi langsung toko-toko cabangnya atau melalui telpon.

Di proyek umumnya harga plat cor bondek sudah tidak dihitung per lembar atau per meter lagi, karena harga plat bondek terpasang dihitung menjadi satu dengan perhitungan biaya plat lantai yaitu dalam hitungan per m2 atau per meter persegi.

Mengenai ukuran plat bondek anda bisa baca di :
Ukuran Bondek Per Lembar Di Pasaran
Pilih Membeli Bahan Di Toko Bangunan Terdekat Atau Depo Bangunan Modern 

cara memasang bondek


Dari perhitungan luas plat lantai bisa diperhitungkan berapa ukuran bondek lantai yang dibutuhkan. Sehingga pemesanan ukuran panjang lebar bondek bisa sesuai, agar tidak terlalu banyak bahan yang terbuang.

Cara memasang bondek yang cukup mudah akan semakin cepat karena ukuran plat bondek sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan perhitungan yang tepat akan membuat pemasangan lebih mudah dan lebih cepat, biaya menjadi lebih murah, sehingga biaya secara keseluruhan bisa lebih murah.

Untuk membandingkan biaya bangun misalnya untuk rumah lantai 2 menggunakan sistem konvensional dibanding dengan menggunakan plat bondek ini, perlu dihitung biaya bahan serta biaya pengerjaan. Menggunakan cara menghitung biaya cor dak seperti biasa, akan terlihat mana yang membutuhkan biaya yang paling murah, baik biaya bahan, biaya pengerjaan serta biaya secara keseluruhan.

Dengan menghitung biaya bangun rumah sendiri atau menggunakan jasa orang lain, akan terlihat sistem mana yang lebih murah, mudah dan cepat.
cara memasang Sambungan antar bondek


Cara Pemasangan Bondek Yang Benar

Ada 2 cara pemasangan plat bondek tergantung dari waktu pengecoran balok utama. Jika pengecoran plat lantai bersamaan dengan pengecoran balok utama, maka plat bondek ditumpangkan pada bekisting atau rangka besi balok.

Apabila pengecoran plat lantai setelah semua balok utama selesai dicor, maka plat bondek diletakkan diatas balok.

Cara menyambung bondek  dengan balok adalah pakai shear connector bondek  yg dilas ke tulangan balok.

Sambungan antar bondek tidak perlu dibaut atau dilas, cukup dengan menatanya overlaping.

Cara pemasangan bondek dan wiremesh juga tidak terlalu sulit, karena setelah plat bondek dipasang, besi tulangan wiremesh digelar diatasnya.

Cara memotong bondek tidak berbeda dengan cara memotong seng galvalum atau jenis baja ringan lain lainnya, yaitu bisa dengan menggunakan gunting atau mesin pemotong.

Ketebalan cor dak bondek sama seperti umumnya tebal cor lantai 2 yaitu sekitar 120 mm.
Untuk melakukan perhitungan kekuatan bondek bisa dengan menggunakan tabel standar kekuatan yang dikeluarkan oleh pabrik produsennya.

Untuk lebih detail bagaimana cara pasang plat bondek yang benar, bisa Anda tonton video dibawah ini.

Walaupun penjelasan pada video ini menggunakan bahasa Inggris, namun simulasi sangat mudah difahami.

Disana dijelaskan bagaimana cara memasang plat pada tumpuan balok beton ataupun tumpuan balok baja. Juga bagaimana cara memotong, cara menyambung bondek, cara memasang tumpuan tambahan dsb.

Komentar


  1. Penggunaan bondek memang sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya. walaupun harga bondek sedikit lbh mahal, tetepi secara keseluruhan penggunaan bondek lebih murah dibandingkan menggunakan bekisting kayu. terimakasih atas infonya, salam sukses pak.

    BalasHapus
  2. Bagaimana menghindari kebocoran antara bondek dan balok pada saat pengecoran karena bentuk ujung bondek yang tidak rata ( bergelombag-sudut) padahal ujung bekesting cor rata?

    BalasHapus
  3. Bagaimana formula perhitungan volume cor beton dengan menggunakan bondek? Karena permukaan bondek yang bergelombang berarti ada pengurangan volume cor beton yang digunakan? Beda dengan cor beton konvrnsional
    yang hanya hitung P x L X Tebal.

    BalasHapus
  4. Ketebalan 12mm itu dari bondek sebelah bawah atau atas bos, bondek kan bergelombang.
    Makasih

    BalasHapus

  5. Ketebalan 12 cm itu dari gelb bondek atas apa bawah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilih Membeli Bahan Di Toko Bangunan Terdekat Atau Depo Bangunan Modern

Ketika membangun rumah atau gedung, toko bangunan terdekat di lokasi maupun Depo Bangunan Modern/ supermarket bangunan (Depo Bangunan, Mitra10, BJ Home, dsb) menjadi tempat yang dituju untuk mendapatkan bahan bangunan yang dibutuhkan. Baik toko bangunan terdekat, depo bangunan, Mitra10, BJ Home ataupun supermarket bahan bangunan lokal mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Dengan mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing kita bisa memutuskan dimana tempat yang baik untuk membeli bahan bangunan. Toko Bangunan Terdekat Untuk mendapatkan bahan bangunan yang sesuai atau umum digunakan didaerah tertentu, toko bangunan terdekat atau supermarket bangunan lokal umumnya lebih lengkap. Karena biasanya mereka menyediakan bahan bangunan yang banyak dipakai didaerah tersebut. Kondisi tanah (jenis, kontur dsb.), cuaca maupun budaya setempat seringkali mempengaruhi model bangunan dan bahan bangunan yang digunakan. Bahkan walaupun fungsinya sama, peralatan yan

➸ Cara Kreatif Memotong Seng Gelombang Tanpa Gunting

Penggunaan seng gelombang sebagai atap sudah mulai tergeser oleh atap spandek galvalum. Seng gelombang kebanyakan masih digunakan sebagai atap bangunan semi permanen karena harganya yang relatif lebih murah dari pada harga seng spandek yang berbahan utama almunium dan seng.  Selain harganya yang lebih murah, seng gelombang juga mudah didapatkan di toko bangunan terdekat. Umumnya tukang memotong seng gelombang menggunakan gunting seng. Namun ada tukang yang kreatif membuat alat sederhana untuk memotong seng dengan cepat tanpa menggunakan gunting, yaitu menggunakan kawat kecil. Bagaimana cara membuat alat tersebut dan bagaimana cara menggunakannya untuk memotong seng? Silahkan menonton video bagaimana cara memotong seng gelombang menggunakan kawat dibawah ini.